SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 31 Mei 2015

Muatan Kurikulum SDIT Permata


  1. Mata Pelajaran
1.1  Pendidikan Agama Islam (bagi yang muslim)
Pendidikan Agama Islam di SDIT Permata   bertujuan untuk :
·     Menumbuh kembangkan aqidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman, peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·     Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragam dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktifitas, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjadi keharmonisan secara personal dan social serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
1.2   Pendidikan Kewarganegaraan
Mata pelajaran kependidikan Kewarganegaraan bertujuan agar  peserta     didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·     Berfikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
·     Berpartisipasi secara aktif dan bertanggungjawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi.
·     Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter–karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama–sama dengan bangsa lain.
·     Berinteraksi dengan bangsa–bangsa lain dalam peraturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

1.3   Bahasa Indonesia
 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki  kemampuan sebagai berikut  :
·     Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
·     Menghargai dan  bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kesatuan bangsa.
·     Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
·     Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional, dan sosial.
·     Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
·     Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

1.4   Matematika
Mata pelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·     Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau aritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam memecahkan masalah.
·     Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan, dan pertanyaan matematika.
·     Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
·     Mengkomonikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
·     Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

1.5   IPA
Mata pelajaran IPA di SDIT Permata  bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·     Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaannya.
·     Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA  yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.
·     Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antar IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
·     Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan.
·     Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
·     Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
·     Memperoleh bekal pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.


1.6   IPS
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·     Mengenal konsep–konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
·     Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
·     Memiliki kemampuan komunikasi, bekerjasama, dan berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional dan global.
·     Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar

1.7   Seni Budaya dan Keterampilan
Mata pelajaran seni budaya dan keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·     Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan.
·     Menampilkan satu sikap apresiasi terhadap seni budaya  dan keterampilan.
·     Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
1.8   Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·     Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olah raga yang terpilih.
·     Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
·     Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
·     Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internasional nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
·     Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan demokratis.
·     Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.
·     Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

  1. Muatan Lokal
Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Provimsi Jawa Timur No. 188/KTS/013/2005, maka SDIT Permata menetapkan Bahasa Jawa sebagai Muatan Lokal Wajib. Disamping itu SDIT Permata dengan pertimbangan kota Probolinggo sebagai kota transit, maka ditetapkan bahasa Inggris sebagai muatan lokal pilihan.  
2.1  Bahasa Jawa
Mata pelajaran Bahasa Jawa bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
·     Menghargai dan membanggakan bahasa jawa sebagai bahasa daerah, berkewajiban mengembangkan serta melestarikan.
·     Memahami bahasa jawa dari segi bentuk, makna, dan fungsi serta menggunakannya dengan tepat untuk bermacam–macam tujuan, keperluan, dan keadaan, misalnya : di sekolah, di rumah, di masyarakat dengan baik dan benar.
·     Memiliki kemampuan menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar, untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan intelektual (berpikir kreatif, menggunakan akal sehat, menerapkan kemampuan yang berguna menggeluti konsep abstrak), memecahkan masalah, kematangan emosional dan social.
·     Bersikap lebih positif dalam tata kehidupan sehari–hari dalam lingkungannya.




2.2  Bahasa Inggris
Mata Pelajaran Bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut  :
·     Memiliki kemampuan mendengar/menyimak, berbicara, menulis, dan   membaca dalam pola sederhana sesuai dengan tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosakata lebih kurang 300 kata yang berkesinambungan dan bertambah dalam tingkat kelas IV, V, VI.
·     Memiliki keterampilan mendengarkan, menyimak, berbicara, menulis dan membaca dalam pola sederhana sesuai dengan tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosakata lebih kurang 300 kata yang berkesinambungan dan bertambah dalam tingkat kelas SLTP.

B.    Kegiatan Pengembangan Diri
Kegiatan pengembangan diri diberikan kepada peserta didik dengan tujuan untuk memberikan kesempatan mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minatnya sesuai dengan kondisi sekolah yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Karena itu,          SDIT Permata menetapkan jenis pengembangan diri yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2011/2012 adalah sebagai berikut :
3.1            Kewiraan
a.    Pramuka
·       Diberikan mulai kelas I sampai kelas VI seminggu sekali.
·       Materi pramuka terintegrasi PLH: pemisahan sampah, Air dan pencemaran udara.
b.   Tim Penegak Disiplin Sekolah ( TPDS )
     Diberikan kepada murid kelas V dan VI dengan maksud untuk melatih  siswa dalam menciptakan keamanan dan ketenangan sekolah..
3.2            Olahraga
a.  Futsal
Diberikan kepada murid mulai kelas II sampai kelas V seminggu sekali.
b.   Bela Diri
      Diberikan kepada murid mulai kelas II sampai dengan kelas V seminggu sekali.
c.   Sepak Bola
      Diberikan kepada  murid mulai kelas II sampai dengan kelas V seminggu sekali. 
d.   Renang
      Diberikan kepada  murid mulai kelas II sampai dengan kelas V seminggu sekali. 
3.3            Seni
a.      Seni lukis, diberikan kepada murid kelas I sampai kelas V seminggu sekali.
b.     Nasyid,  diberikan kepada murid kelas II sampai kelas V seminggu sekali.

3.4            Ilmiah
c.      English Club
Diberikan kepada murid kelas III sampai kelas V seminggu sekali.
d.     Jurnalistik
Diberikan kepada murid kelas III sampai kelas V seminggu sekali.
e.      KIA
 Diberikan kepada murid kelas IV sampai kelas VI Bimbingan Konseling 
Layanan bimbingan konseling di SDIT Permata mulai tahun ini di tangani khusus oleh guru bimbingan konseling. Adapun layanan bimbingan konseling di SDIT Permata meliputi :
a.      Layanan bimbingan konseling pribadi
b.     Layanan bimbingan konseling belajar
c.      Layanan bimbingan konseling sosial
d.     Layanan bimbingan konseling karir
3.5            IFC (Islamic Fun Club)
Kelompok Study Islam adalah kelompok yang mencintai tuntunan islam dengan model aplikatif dan game-game yang fun, sehingga pembelajaran islam dalam kehidupan sehari-hari sangat menyenangkan buat mereka.
Catatan      :
1.     Setiap murid kelas III sampai Kelas VI wajib mengikuti kegiatan Pramuka dan IFC   sesuai dengan jadwal yang diatur.

2.     Setiap murid minimal mengikuti satu jenis pengembangan diri ( selain  pramuka )  untuk olahraga dan ketrampilan sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

Jaminan Kualitas


Jaminan kualitas yang diberikan SDIT Permata Probolinggo adalah :

Ø  Sholat dengan kesadaran
*      Jika datang waktu sholat wajib, anak segera melaksanakan sholat dan merasa berhutang jika belum sholat
*      Memahami bacaan sholat dengan baik
Ø  Hormat dan patuh kepada orang tua / guru
*      Sopan dan santun dalam berkomunikasi kepada orang tua dan guru
*      Berusaha mentaati orang tua dan guru
*      Menyenangkan orang tua dan guru
Ø  Disiplin
*      Bersikap menghormati tata tertib
*      dan berusaha untuk melaksanakannya
*      Lebih dari dua guru menyatakan
*      anak itu tertib
Ø  Percaya Diri (PD)
*      Tidak ragu berbicara dan tampil tetapi tetap Rendah Hati
Ø  Senang membaca
*      Tiada hari tanpa membaca
*      Berusaha mencari bacaan-bacaan baru
Ø  Perilaku sosial baik
*      Berbicara sopan dan santun kepada
*      orang lain
*      Berusaha menghargai orang lain
*      Mudah akrab dengan orang lain
Ø  Nilai 5 bidang studi tuntas
*      Rata-rata invidual 8.0
*      Rata-rata kelompok 8.5
Ø  Memiliki budaya bersih dan peduli lingkungan
Ø  Tartil membaca Al Quran
*      Terbiasa membaca Al Quran dengan tartil
Ø  Hafal minimal 2 juz
*      Mampu menghafal juz 30 dengan baik dan benar
*      Memahami cara menjaga hafalan dengan baik
*      Senang menghafal dan dapat menambah hafalan dengan mandiri
Ø  Memiliki kemampuan baca efektif
*      Kemampuan membaca individual min. 350 permenit
*      Dapat membedakan dan mensikapi dengan baik terhadap jenis bacaan (Koran, majalah, referensi, karya ilmiah)
Ø  Bermanfaat bagi sesama
Ø  Mengoperasikan MS Office
*     80 % siswa mampu mengoperasikan komputer Program MS Word, Excel dan PowerPoint

*     Menulis hasil karya dengan MS Office

Komentar