SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 25 September 2023

PARENTS DAY KELAS 2 "MAKANAN SEHAT SEBAGAI BEKALKU" - SDIT PERMATA PROBOLINGGO


 

Assalamu'alaikum Wr. Wb. sobat permata... ๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹

Bertemu kembali dengan kegiatan kelas 2 SD IT Permata Kota Probolinggo ๐Ÿฅฐ

Kegiatan kali ini yaitu Parents Day yang dilaksanakan pada hari Rabu Kemarin, tanggal 20 September 2023.

Kegiatan Parents Day yang melibatkan wali murid sebagai narasumber ini bertema "Makanan Sehat Sebagai Bekalku".

Siswa mendapatkan wawasan tentang makanan yang sehat dan bergizi dari  tenaga kesehatan Puskesmas Sukabumi. Siswa diperlihatkan kotak bekal yang bersekat. 


Penyuluhan Makanan Sehat Bergizi

Sekat tersebut sebagai acuan komposisi makanan. Sekat yang berukuran besar untuk makanan pokok atau karbohidrat, kemudian sekat lainnya untuk protein dan serat. Siswa juga mendapatkan wawasan tentang komposisi isi piring dalam setiap kali makan. Bahwa 2 per 3 dari setengah piring merupakan makanan pokok. Makanan pokok berupa sumber daya pangan yang mengandung karbohidrat, misalnya ubi-ubian, gandum, dan lain sebagainya. Sumber protein sebanyak sepertiga isi piring berupa protein hewani, misalnya ikan, daging, telur dan susu atau protein nabati berupa tahu, tempe dan kacang-kacangan. Sepertiga dari setengah isi piring selanjutnya yaitu untuk buah-buahan dan sayuran. 

Selain makanan sehat dan bergizi, siswa dimotivasi untuk gemar berolahraga lompat dan berkegiatan di bawah sinar matahari pada pukul 07.00 sampai pukul 09.00.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Tenaga Kesehatan tentang bekal yang sehat dan bergizi, siswa melanjutkan kegiatan dengan praktek membuat salad buah yang merupakan salah satu bekal sehat. 

Praktek pembuatan salad buah dipandu oleh Bunda Alissa yang merupakan pemilik Catering Alissa. 

Penjelasan Pembuatan Salad Buah

Praktek Membuat Salad Buah

Siswa yang sudah siap dengan peralatannya masing-masing, sangat antusias karena salad buah juga merupakan makanan kesukaan mereka. 

Siswa mendapatkan penjelasan tentang bahan-bahan yang digunakan untuk membuat salad buah yaitu mayonaise, susu kental manis, keju dan buah-buahan. 

Setelah mendengarkan penjelasan, siswa memotong buah-buahan menjadi potongan kecil dan dilanjutkan praktek memarut keju. 

Praktek Memarut Keju

Di akhir kegiatan, masing-masing siswa mendapatkan 1 cup salad buah untuk dibawa pulang.

Kegiatan yang bermakna dan menyenangkan ini semoga menjadi pengalaman yang dapat meningkatkan ketrampilan bina diri siswa dan mengimplementasikan ilmu makanan sehat dan bergizi di kehidupan sehari-hari. 

Kami sampaikan terimakasih kepada wali murid yang telah memberikan penyuluhan dan memandu pembuatan salad buah. Semoga kegiatan Parents Day ini dapat meningkatkan sinergitas yang baik antara sekolah dan orang tua. 

Sekian dulu cerita kelas 2 SD IT Permata kali ini. 

Nantikan cerita kami di kegiatan selanjutnya. 

Jazakallah Khoiron Jaza', Wassalamu'alaikum Wr. Wb. ๐Ÿ™๐Ÿ™

Tidak ada komentar:

Komentar