SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 10 Februari 2024

Pesantren Ramadhan Kelas 2 dan 3 SDIT Permata Probolinggo//April 2023



 Assalamu'alaikum Wr. Wb. Sobat Permata...

Masuk sekolah di bulan Ramadhan, pasti yang ditunggu-tunggu adalah kegiatan pesantren romadhon. Kenapa kok ditunggu-tunggu?

Ya, karena kegiatan pesantren romadhon ini merupakan kegiatan tahunan dan kegiatannya seru habis plus dapat berbuka bersama (bukber) dengan teman-teman.

Alhamdulillah, berkat rahmat dan kehendak Allah SWT, kegiatan pesantren Ramadhan yang diselenggarakan pada tanggal 2 April 2023 di SDIT Permata kota Probolinggo yang bertempat di Jl, Ikan tongkol II/6 Mayangan kota Probolinggo berjalan dengan lancar.

Siswa-siswi kelas 2 dan 3 yang berjumlah 226 siswa melaksanakan kegiatan pesantren romadhon 1444 H dengan penuh semangat. 

Berangkat dengan memakai busana muslim serta membawa perlengkapan sampai nanti tarawih. 

Kegiatan diawali dengan sholat dhuha berjama’ah kemudian dilanjutkan sambutan oleh kepala SDIT Permata Probolinggo.

Sambutan oleh Kepala SDIT Permata Probolinggo

 Setelah acara dibuka dilanjutkan dengan materi ke 1 tentang Ramadhan dalam perspektif ibadah oleh ustadzah Annisa Miftahul Jannah, S.Pd pada kelas 3. Sedangkan siswa kelas 2 mengikuti tahsin dengan ustadz-ustadzah pengajar Ummi.

Pada pukul 10.00 -- 11.10 WIB memasuki materi ke 1 untuk siswa kelas 2 yang disampaikan oleh ustdzah Jauharoh Lawfianti, S.Pd.I dan tahsin bersama ustadz-ustadzah Ummi untuk kelas 3.

Dilanjutkan persiapan sholat Jum’at untuk siswa putra dan persiapan sholat dhuhur untuk siswa putri. Pada pukul 12.00 – 13. 30 WIB peserta pesantren Ramadhan beristirahat. 

Pada pukul 13. 30 – 15.30 WIB seluruh peserta bersih diri diselingi dengan menonton film pilihan  dan mempersiapkan diri untuk sholat Ashar yang diimami oleh ustadz Muhtadin, S.Pd.I.

Setelah berjamaah sholat Ashar, peserta pesantren Ramadhan melanjutkan acara selanjutnya yaitu materi ke 2 tentang Ramadhan dalam perspektif aqidah yang disampaikan oleh ustdz Marzuqi Abdul Haris, SH. Bagi kelas 2 oleh ustadzah Sandyawati Enseptiana, S.Pd. 

Di sela materi, beberapa siswa pilihan mengikuti acara sebar takjil bersama beberapa guru pendamping. Titik sebar takjil bertepatan di jl. Ikan Hiu dan di Jl. Angrek Mayangan.

Kegiatan sebar takjil ini memberikan pembelajaran bagi siswa untuk saling berbagi kepada sekitar. 

Materi ke 3 disampaikan pada pukul 16. 30 WIB oleh ustadz Muhammad Amirullah Yusfi bagi kelas 2 dan ustadz Muhammad Alfian Hidayatullah bagi kelas 3. Materi yang disampaikan tentang Ramadhan dalam perspektif akhlaq dan diselingi dengan games bagi peserta pesantren Ramadhan.

Pada pukul 17.20 -18.50 WIB seluruh peserta mempersiapkan diri untuk berifthor dan sholat Maghrib berjamaah. Selesai sholat Maghrib berjamaah, siswa siswi kelas 2 dan 3 berbuka bersama dengan penuh gembira. 

Setelah berbuka bersama, seluruh peserta memprsiapkan diri untuk sholat Isya’ serta sholat tarawih yang diimami oleh ustadz Abdul Kholiq, S.Pd.

Tepat pukul 20.00 WIB peserta pesantren Ramadhan berdoa bersama untuk menutup acara dan bersiap pulang.

Pengalaman yang tidak dilupakan tentunya. Siswa siswi kelas 2 dan 3 mengikuti pesantren ramadhan dan mendapat berbagai manfaat, seperti menimba ilmu, bermain games, berbagi takjil, nonton film bareng, bukber dan sholat tarawih di sekolah. 

Alhamdulillah mereka pulang dengan senyum dan canda tawa. 

Simak juga pesantren ramadhan kelas 1 dan kakak kelas 4, 5 dan 6 ya sobat. 

Sampai disini dulu...

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Komentar