SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 10 Februari 2024

KESERUAN OUTING KELAS 3 BERKUNJUNG KE PABRIK TAHU

 OUTING Kelas III SDIT PERMATA TAHUN AJARAN 2023-2024

KESERUAN SISWA BERKUNJUNG KE PABRIK TAHU 

Lokasi: Jrebeng Kidul, Kec. Wonoasih Kota Probolinggo

Alhamdulillah telah terlaksana kegiatan Outing Kelas III SDIT Permata Tahun Ajaran 2023-2024. Tema Kegiatan outing kali ini yaitu melihat proses pembuatan tahu dan mengenal energi biogas. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 05 Februari 2024 di Pabrik Tahu Sumber Baru Kota Probolinggo. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB. Adapun peserta outing yaitu siswa kelas III SDIT Permata sebanyak 116 siswa dan 8 guru pendamping.

Kegiatan Sholat dhuha berjamaah di sekolah

Kegiatan outing diawali dengan sholat dhuha berjamaah di sekolah, kemudian dilanjutkan dengan pemberian arahan oleh guru pendamping, Setelah diberi arahan, pukul 07.45 WIB para siswa bersiap menaiki angkot sekolah menuju ke Pabrik Tahu.

Pemberian arahan

Setelah sampai di lokasi Pabrik Tahu, para siswa berkumpul disatu titik untuk mendengarkan pemaparan materi dari Bapak Hendrik Susanto mengenai proses pengolahan kedelai menjadi tahu. Pemaparan materi berlangsung dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 09.00. Para siswa sangat antusias menyimak penjelasan yang diberikan. Kemudian Bapak Hendrik Susanto memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk bertanya sekaligus memberikan apresiasi.

Siswa menyimak proses pembuatan tahu

Siswa memberikan pertanyaan mengenai pengolahan tahu

Pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB para siswa mengamati proses pengolahan kedelai menjadi tahu. Siswa mengamati secara langsung mulai dari proses pencucian, penggilingan, penyaringan pemerasan, pencetakan sampai dengan pemotongan tahu. Para siswa juga mengamati sumber energi yang digunakan dalam pengolahan tahu. Setelah mengamati proses pengolahan tahu, kemudian siswa menikmati tahu yang sudah matang.


Siswa mengamati secara langsung proses pembuatan tahu





Pukul 10.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB para siswa beristirahat memakan bekal yang dibawa dan dilanjutkan mengerjakan LK (Lembar Kerja) yang sudah dibagikan. Kegiatan outing kali ini membuat siswa sangat antusias dan merasa senang karena mereka bisa belajar di luar sekolah serta melakukan pengamatan secara langsung. 

Kelas 3A

Kelas 3B

Kelas 3C

Kelas 3D

Alhamdulillah kegiatan outing ini berjalan dengan sukses dan lancar. Pada pukul 11.00 WIB, para siswa dan guru pendamping bersiap kembali ke sekolah. Semoga berbagai kegiatan outing kelas III kali ini dapat bermanfaat serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi para siswa khususnya dalam mempelajari materi sumber energi.

Semoga kegiatan outing class yang telah disusun ini bisa menjadi pengalaman yang berkesan dan bermanfaat bagi siswa siswi Kelas III. Terimakasih kami sampaikan pada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan outing ini. Sampai jumpa kembali pada kegiatan yang akan datang



Tidak ada komentar:

Komentar