SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 05 Oktober 2022

Training Guru Al-Qur'an Metode Ummi Matan Al-Jazary bersama Dr. KH. Mudowi Ma'arif, Lc. MHI

        Sabtu, 3 September 2022 di Masjid Darul Falah Kepuharjo, Lumajang, SDIT Permata menghadiri kegiatan Training Guru Al-Qur’an yang diwajibkan bagi para pengguna metode Ummi. Pelatihan ini dikhususkan bagi guru tingkat Al-Qur’an, Ghorib dan Tajwid utamanya di wilayah Lumajang-Probolinggo. Peserta pelatihan SDIT Permata Kota Probolinggo berangkat dengan menggunakan transportasi elf dari jam 05.30 WIB. Jumlah peserta pelatihan dari SDIT Permata sebanyak 7 guru yaitu 3 ustadz (ustadz Abdul Kholiq, Ustadz Abdul Basit, Ustadz Ubaidillah) dan 4 ustadzah (ustadzah Suhairiyah, Ustadzah Wieke Adinda Putri, Ustadzah Nurul Ilmiah, Ustadzah Nur Fitria Umami). Pelatihan guru Ummi ini berlangsung selama satu hari dengan susunan acara sebagai berikut:

Pukul 08.00-08.15       : Pembukaan

Pukul 08.15-09.00       : Sambutan dan Motivasi (sesi 1)

Pukul 09.00-09.15       : Coffee Break

Pukul 09.15-11.00       : Sesi 2 dan Perkenalan Profil Yayasan

Pukul 11.00-11.15       : Sesi tanya jawab

Pukul 11.15-12.40       : Ishoma

Pukul 12.45-14.30       : Dauroh Al-Qur’an (sesi 3)

Pukul 14.45-15.15       : Sholat Ashar berjamaah

Pukul 15.15-16.00       : Tanya jawab dan penutupan

Pelatihan Guru Al-Qur’an dimulai dengan bacaan basmalah dan murojaah bersama. Sebelum pembukaan dimulai, para koordinator Al-Qur’an di setiap Lembaga wajib melakukan Tashih bersama Kyai Mudhawi Ma’arif, LC.MHI secara bergantian. Proses tashih berlangsung 5-10 menit sesuai dengan tingkat kefashihan masing-masing koordinator. Tujuan dari tashih ini adalah mengetahui bacaan Al-Qur’an para koordinator khususnya di surat Al-Fatihah. Setelah selesai acara pembukaan maka lanjut ke sesi sambutan dan motivasi. Pada sesi ini, para guru Al-Qur’an yang hadir dalam pelatihan ini mendapatkan semangat untuk mengajarkan Al-Qur’an dengan hati yang ikhlas. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan materi yang akan disampaikan dalam pelatihan ini yaitu tentang makhorijul huruf dan tajwid pada bab kedua dalam kitab Aljazary. Setelah itu dilanjutkan dengan break selama 15 menit dan lanjut dengan materi tajwid sampai memasuki waktu dhuhur. Kemudian seluruh peserta melaksanakan sholat dhuhur berjamaah dan makan siang bersama. Setelah kegiatan ishoma (istiraha sholat, makan) selesai pemateri melanjutkkan kembali materi yang disampaikan sehingga memasuki waktu sholat ashar. Kemudian semua peserta sholat ashar berjamaah. Setelah selesai melaksanakan sholat ashar berjamaah, maka kegiatan pelatihan telah sampai pada sesi penutup.

Kegiatan pelatihan ditutup dengan klasikal tahsin bersama dan belajar makhorijul huruf bersama-sama. Acara pelatihan telah selesai dilaksanak dan semua peserta diperkenankan untuk meninggalkan tempat. Peserta SDIT Permata meninggalkan tempat pelatihan pada jam 16.30 WIB dan sampai di kota Probolinggo pada jam 18.30 WIB.

Tidak ada komentar:

Komentar