SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 10 Oktober 2022

MUNAQOSYAH TARTIL QUR'AN TAHUN 2021-2022

 


Pada tanggal 23 Juni 2022, tepatnya hari Kamis, SDIT Permata Kota Probolinggo mengadakan kegiatan Munaqasyah Tartilul Qur’an Metode UMMI diselenggarakan untuk siswa yang telah menyelesaikan tahapan pembelajaran Tartil metode UMMI dengan baik dan dinyatakan lulus oleh pihak UMMI Foundation. Adapun acara ini berlangsung dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Kegiatan berlangsung pada hari Kamis, 23 Juni 2022. Dalam kegiatan ini siswa hadir bersama kedua orang tua dan menemani siswa ketika pelaksanaan ujian Al-Qur’an di masing-masing ruangan. Adapun siswa yang mengikuti kegiatan munaqosyah tartil ini adalah siswa kelas 4,5 dan 6. Siswa yang terpilih merupakan siswa yang sudah diuji terlebih dahulu dengan mengikuti standar metode Ummi dan dilaksanakan di sekolah secara bertahap yakni di awali dengan pra-munaqosyah. Pra-munaqosyah bisa dilakukan sebanyak dua kali sesuai dengan hasil pra-munaqosyah 1. Jika pada pelaksanaan pra-munaqosyah 1 seluruh siswa dinyatakan lulus tanpa remidi maka tidak perlu melaksanakan pra-munaqosyah 2. Penguji yang datang dari Ummi Daerah Lumajang di antaranya Ustadz Mahsun, Ustadz Jumari, Ustadz Aziz, Ustadzah Musliha, Ustadz Sahlan dan Ustadzah Fitri. Kegiatan munaqosyah berlangsung dari jam 07.30 WIB sampai jam 15.00 WIB di SDIT Permata Kampus 2, Jalan Kaca Piring, Kecamatan Sukabumi. Adapun ruangan yang digunakan untuk ujian sebanyak 4 ruang dengan penamaan ruang ghorib, ruang tajwid, ruang tahfidz 1 dan 2 serta ruang fashohah.

Berdasarkan hasil munaqosyah, pentashih menyampaikan bahwasanya sebanyak 98% siswa-siswi SDIT Permata Kota Probolinggo dinyatakan lulus. Sementara itu, 2% dari peserta yang ikut munaqosyah dinyatakan tidak lulus dengan berbagai keterngan yang ada dalam setiap aspek penilaian oleh pentashih. Peserta yang dinyatakan lulus maka dapat menerima sertifikat dari Munaqosyah Tartil dari Ummi Foundation melalui Ummi Daerah Lumajang-Probolinggo. Bagi peserta yang tidak lulus, maka harus mengikuti kegiatan remidi munaqosyah yang dilaksanakan bersamaan dengan munaqosyah Tahfidz di bulan Desember mendatang.


Tidak ada komentar:

Komentar