SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 05 Oktober 2022

STUDI BANDING GURU AL-QUR'AN SDIT PERMATA KE SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

 


Pada hari Rabu, 28 September 2022 SDIT Permata Kota Probolinggo melaksanakan kegiatan studi banding guru Al-Qur’an metode ummi ke SDIT Harapan Umat Jember yang diikuti oleh kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru Al-Qur’an berangkat menggunakan transportasi elf dari jam 05.00 WIB. Jumlah peserta studi banding dari SDIT Permata Kota Probolinggo sebanyak 23 guru, yaitu 12 ustadz (Ustadz Saidi, Ustadz Abdul Kholiq, Ustadz Abdul Basit, Ustadz Ubaidillah, Ustadz Syafiuddin, Ustadz Hidayaturrahman, Ustadz Haris, Ustadz Yusfi, Ustadz Alfian, Ustadz Halim, Ustadz Muzammil,  dan Ustadz Muhtadin ) dan 11 ustadzah (Ustadzah Suwiji Utami, Ustadzah Suhairiyah, Ustadzah Wieke, Ustadzah Nurul Ilmiah, Ustadzah Nur Fitria, Ustadzah Qurrotu Aini, Ustadzah Alvin, Ustadzah Else, Ustadzah Fitri, Ustadzah Sividinal, dan Ustadzah Rahmah).

Studi banding guru Al-Qur’a metode ummi berlangsung selama satu hari dengan susunan acara sebagai berikut:

05.00-08.30       : Pemberangkatan

08.30                 : Sampai dilokasi SDIT Harapan Umat Jember

08.40-08.45       : Pembukaan

08.45-08.50       : Tilawah

08.50-09.10       : Sambutan Kepala SDIT Harapan Umat Jember

09.10-09.30          Sambutan Kepala SDIT Permata Probolinggo

09.30-10.00       : Materi Tentang Baca Tulis Al-Qur’an

10.00-10.30       : Materi Tahfidz

10.30-11.15       : Sesi Tanya Jawab

11.15-11.30       : Do’a dan Penutup

11.30-12.00       : Makan Siang

12.00-12.30       : Sholat Dhuhur Berjama’ah

12.30-13.00       : Field Tour (melihat fasilitas penunjang pembelajaran al-qur’an)

13.00-13.30       : Pulang

 

Studi banding Guru Al-Qur’an metode ummi dimulai dengan pembukaan membaca basmalah dan sholawat nabi. Kemudian dilanjutkan dengan tilawah dari siswa SDIT Harapan Umat Jember. Setelah selesai acara pembukan dan tilawah maka dilanjutkan dengan sambutan-sambutan  dari masing-masing lembaga. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Kepala SDIT Harapan Umat Jember dan sambutan yang kedua dari Kepala SDIT Permata Kota Probolinggo.  

Tujuan dari studi banding Guru Al-Qur’an metode ummi ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik.  Setelah selesai acara sambutan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari pihak SDIT Harapan Umat Jember. Materi yang pertama adalah tentang BTAQ (Baca Tulis Al-Qur’an) yang mana pelaksanaan BTAQ tersebut dimulai dari jam 07.30-08.00 dari kelas 1-6. Pengelompokan kelas disesuaikan dengan jilidnya. Kelas 1 Umar jilid 1, kelas 1 Ali jilid 2, kelas 1 Abu jilid 3, sedangkan jilid 3 dan 4 disetarakan bacaannya. Mulai dari kelas 1-2 dimulailah penyaringan kualitas bacaan. Awal dari kelas 3 sudah mulai dikelompokkan sesuai dengan hasil dari penyaringan tersebut. Apabila ada murid pindahan kelas tinggi akan tetapi jilidnya rendah maka diberi pelajaran tambahan sepulang sekolah. Untuk ujian kenaikan jilid sama dengan PTS atau PAS jadi satu tahun 2 kali tes, terkadang ada dipertengahan semester tapi bagi anak yang sudah benar-benar lancar bacaannya. Ketika ada lomba diambil dari anak yang bacaannya paling bagus dan dibina khusus dengan mendatangkan Pembina dari luar sekolah (orang-orang yang pernah menjadi juri di Jember).

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang kedua, yaitu tahfidz. Kelas Al-Qur’an disaring dari kelas 3-5 setelah itu, diseleksi dan wawancara walimurid. Alokasi waktunya 18 jp-20 jp disetiap pekan. Setiap pagi anak-anak dimotivasi, tela’ah surah yang sudah dihafalkan dan surah yang akan disetorkan, ziyadah ditentukan sesuai target. Adapun penunjang pembelajaran tahfidz, yaitu sarpras (masjid), guru, dan Al-Qur’an yang sama (waqaf ibtida’). Target minimal 5 juz bagi 60 guru BTAQ. Untuk kelas Al-Qur’an haruslah bacaan Al-Qur’annya bagus, akademik bagus, dan orang tua aktif (bekerjasama).

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan ishoma (makan siang dan sholat dhuhur berjama’ah). Setelah selesai melaksanakan ishoma maka kegiatan studi banding telah sampai pada sesi penutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Kepala SDIT Permata Kota Probolinggo dan membaca do’a kafaratul majelis. Acara studi banding Guru Al-Qur’an metode ummi telah selesai dilaksanakan dan semua peserta diperkenankan untuk meninggalkan tempat. Peserta SDIT Permata meninggalkan lokasi studi banding pada jam 13.30 WIB dan sampai dikota Probolinggo pada jam 20.30WIB.

Tidak ada komentar:

Komentar