SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 26 September 2022

Unjuk Amal Sholeh Jenjang 5 dalam Rangka Menumbuhkan Kreativitas Melalui Komik

 


Probolinggo, SDIT Permata dalam kegiatan unjuk amal sholeh yang dilaksanakan oleh siswa siswi jenjang 5 pada Rabu, 21 September 2022. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan untuk mengembangkan kompetensi, menampilkan ketrampilan siswa serta memperkuat karakter siswa-siswi SDIT Permata. Kegiatan unjuk amal sholeh mampu memberikan pengalaman nyata pada peserta didik untuk dapat menampilkan ide kreatif dari peserta didik. 

Sebanyak 103 peserta didik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Namun terdapat 6 siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan ini disebab kan kurang sehat. Adapun jenis kegiatan pada unjuk amal sholeh adalah membuat cerita bergambar (komik) dengan tema penerapan tanggung jawab, hak dan kewajiban. 

Kegiatan diawali dengan sholat dhuha berjamaah, membaca Al Matsurat dan murojaah. Pukul 07.30-08.00 siswa-siswi masuk ke kelas masing-masing. Wali kelas menjelaskan cara membuat cerita bergambar. Siswa antusias dengan mengajukan pertanyaan. Pukul 08.00-08.50 siswa membuat sketsa cerita bergambar (komik). Pukul 08.50-10.00 siswa mengaji dengan guru ngaji. Pukul 10.00-11.30 siswa mewarnai sketsa komik yang sudah dibuat. Pukul 11.30-11.45 siswa bersiap-siap sholat Dhuhur berjamaah.

Gambar terbaik diumumkan keesokan harinya. Setiap kelas dipilih gambar terbaik dari satu siswa dan satu siswi. Mereka adalah Aditia Bagus dan Zahra Akhila dari kelas VA, Sayyaf Izaaz dan Kayyah Zaahir dari kelas VB, Jasmin Latisha dan Muhammad Faraz dari kelas VC, Nur Aryadhi Rosyid dan Lailia Zafira dari kelas VD. 

Kegiatan unjuk amal sholeh ini sangat menyenangkan, melatih motorik halus dan melatih ketrampilan menggambar anak-anak. Siswa-siswi kelas 5 sangat antusias dengan kegiatan ini. Gambar yang mereka buat sangat bervariasi dan sesuai dengan tema yang ditentukan. Tidak lupa acara ini ditutup dengan Sholat Dhuhur, membaca Talim Mutaalim dan murajaah bersama sebagai bentuk penanaman kebiasaan tetap melaksanakan ibadah untuk sang pencipta.






Tidak ada komentar:

Komentar