SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 15 November 2022

Goatzilla Farm Senduro Field Trip kelas 5 SDIT Permata

 SDIT Permata Kota Probolinggo melaksanakan Fieldtrip pada Rabu, 9 November 2022 di Goatzilla Farm Senduro, Lumajang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 109 dan 9 guru sebagai pendamping.  

  Kegiatan dimulai pukul 05.30 – 06.30 diawali dengan sholat dhuha, membaca Al-Ma’surat, muroja’ah dan briefing kegiatan yang akan dilaksanakan dilokasi Fieldtrip nantinya. Lalu dilanjutkan dengan menuju kendaraan masing-masing dimana terdapat 8 Elf yang masing-masing akan diisi oleh Putra dan Putri masing-masing kelas. Kemudian masing-masing siswa dan pendamping setiap elf berdoa sebelum berangkat dan Elfpun berangkat pukul 06.30 dan tiba dilokasi pukul 09.00.  

Sesampainya dilokasi siswa diarahkan menuju Aula yang mana akan diberikan materi mengenai Goatzilla dan yang terdapat didalamnya serta kegaiatan yang akan kita laksanakan hari ini bersama di Goatzilla. Setelah penyampaian materi selesai, setiap siswa akan diberi kesempatan untuk mencicipi hasil olahan susu Kambing Gooatzilla berupa susu dan yougurt. Siswa sangat antusias dalam mencicipi hasil olahan tersebut, hampir seluruh siswa menyukainya sebab rasanya enak dan tidak bau seperti umumnya. 

Setelah kegiatan di Aula selesai, siswa diarahkan menuju kandang kambing yang mana terdapat macam-macam kambing. Sebelum itu siswa membentuk sebuah lingkaran besar guna menyimak arahan dari Narasumber. Siswa juga melaksanakan ice breaking dan kuis yang dipandu oleh narasumber. Beberapa siswa yang dapat menjawab kuis akan mendapatkan produk hasil olahan susu kambing gratis. Seluruh siswa sangat antusias dalam menjawab kuis tersebut.  

Kegiatan selanjutnya anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kelompok Putra dan kelompok Putri. Masing-masing kelompok akan diarahkan oleh narasumber untuk menyimak cara pemerahan kambing yang benar. Anak-anak bergantian dalam memerah kambing kemudia hasil perahan berupa susu langsung diminum oleh anak-anak. Dalam kegiatan ini anak-anak sangat antusias dalam memerah kambing, meskipun terdapat sedikit rasa takut tapi pada akhirnya anak-anak berani. Setelah itu, anak-anak memberi makan kambing baik kambing besar dan kambing kecil. Kambing kecil juga diberi susu melalui dot, anak-anak turut membantu memberikan susu tersebut pada kambing kecil. Anak-anak juga boleh menggendong kambing kecil tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan interaksi dengan lingkungan secara langsung, dan mengamati hewan ruminansia. Sehingga anak-anak secara nyata belajar di lapangan.









Tidak ada komentar:

Komentar