SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 15 November 2022

Field Trip Kelas 3 Ke Sentra Industri Keripik tempe Malang

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Sesuai dengan program yang telah ditetapkan sekolah, maka pada hari Senin, 7 November 2022, jenjang kelas 3 SDIT Permata Kota Probolinggo, melaksanakan Field Trip ke Sentra Industri Keripik Tempe dan Tempe Malang, Kampung Sanan, Malang. Kegiatan yang diikuti oleh 112 siswa ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar siswa tentang pembuatan tempe dan keripik tempe Malang.

Dimulai dengan kegiatan sholat Dhuha di sekolah, pada pukul 6 pagi, siswa melanjutkan perjalanan ke Kampung Sanan, Malang dengan mengendarai bis dan didampingi oleh wali kelas dan guru pendamping lainnya.

Saat di lokasi Field Trip, siswa mendapatkan briefing dari pemandu dari Kampung Sanan. Kemudian siswa secara berkelompok berkeliling ke rumah-rumah industri untuk mengamati proses pembuatan tempe dan keripik tempe secara langsung. Siswa juga mencicipi keripik tempe yang sudah jadi sambil mendengarkan penjelasan singkat tentang proses pembuatan.



Berkeliling ke rumah-rumah industri

Mencicipi keripik tempe



Pengamatan proses memasak kedelai

Melihat teknik pengirisan tempe

Praktek mengiris tempe

Setelah melakukan pengamatan, siswa berkumpul di Aula Koperasi Sanan untuk mendengarkan pemaparan dari Tim Sanan secara lebih spesifik. Siswa diperkenankan bertanya jawab tentang industri tempe tersebut. Di akhir pemaparan, siswa diberi kesempatan untuk mengolah kedelai matang dan ragi untuk dijadikan tempe dan belajar praktek mengiris tipis tempe malang untuk dijadikan keripik tempe.

Mencampur kedelai dengan ragi

Mencampur kedelai dengan ragi

Memasukkan campuran kedelai ragi ke plastik

Memasukkan campuran kedelai ragi ke plastik

Agar pengalaman belajar yang di dapat menjadi ingatan jangka panjang, siswa melaporkan hasil pengamatan pada lembar kerja yang dibagikan, yang kemudian diserahkan ke guru untuk mendapatkan feedback belajar.

Pada pukul 11.30, siswa dan guru pendamping menemani siswa untuk makan siang dan sholat Dhuhur di masjid terdekat.

Sholat Dhuhur di Masjid

Setelah melaksanakan ibadah, siswa menuju toko-toko Sanan untuk mempraktekkan jual beli.



Kegiatan Jual Beli

 Kegiatan diakhiri dengan perjalanan pulang pada pukul 13.00 dan sampai di sekolah pada pukul 15.00 WIB.

Alhamdulillah, kegiatan Field Trip ini berjalan dengan cukup kondusif dan semoga siswa mendapatkan pengalaman belajar secara kontekstual dengan ide-ide kreatifnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 



Tidak ada komentar:

Komentar