SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 16 Februari 2023

PENGALAMANKU MENJADI PETUGAS DAMKAR OUTING KELAS II SDIT PERMATA KOTA PROBOLINGGO

 PENGALAMANKU MENJADI PETUGAS DAMKAR

OUTING KELAS II SDIT PERMATA KOTA PROBOLINGGO


Pada hari Rabu, 15 Februari 2023 SDIT Permata Kota Probolinggo mengadakan kegiatan outing yang diikuti oleh siswa dan siswi kelas II sebanyak 114 siswa dan 8 guru pendamping. Kegiatan outing kali ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Probolingggo. Adapun tujuan kegiatan outing kali ini yaitu menambah pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari dengan mengenal pekerjaan pemadam kebakaran dan peralatannya serta menanamkan perilaku terpuji yaitu menghargai segala profesi pekerjaan di kehidupan sehari-hari.

Pukul 07.00 WIB sampai pukul 07.30 WIB kegiatan diawali dengan sholat dhuha berjamaah dan berdoa di sekolah yang kemudian dilanjutkan dengan persiapan keberangkatan. Pukul 08.00 para siswa dan guru berangkat ke lokasi outing dengan menggunakan angkot sekolah. Para siswa sangat antusias karena ini adalah outing kedua mereka selama di kelas dua. Sekitar pukul 08.15 WIB, para siswa sampai di Damkar dan langsung diarahkan untuk berbaris oleh bapak Petugas Damkar.

  Sholat Dhuha Berjamaah


Persiapan Keberangkatan

Kegiatan pertama diawali dengan pengenalan berbagai macam peralatan kebakaran seperti: baju tahan panas dan baju tahan api, helm pemadam, sarung tangan pemadam, sepatu safety, alat pemadam kebakaran, selang air, fire ball, pistol air, dan penjepit. Setelah itu, para siswa secara bergantian diberikan kesempatan untuk mencoba memakai baju pemadam kecil. Para siswa sangat antusias karena ini adalah pertama kalinya mereka memakai baju pemadam dan perlengkapannya.

Pemaparan Materi Berbagai Macam Peralatan Kebakaran

Para Siswa Memakai Baju Pemadam Kecil

Para Siswa Memakai Baju Pemadam Kecil

Pukul 09.00 siswa snack time dan diberikan waktu istirahat sambil menunggu kegiatan selanjutnya. Kegiatan selanjutnya yaitu simulasi cara memadamkan api. Petugas Damkar secara langsung mempraktekkan bagaimana penanganan pertama ketika terjadi kebakaran kecil di rumah. Para siswa juga diberi kesempatan untuk mempraktekkan secara langsung bagaimana cara memadamkan api kecil. Pukul 10.00 WIB pemaparan materi dan simulasi telah selesai. Kegiatan selanjutnya yang paling ditunggu tunggu oleh para siswa yaitu menaiki mobil damkar. Secara bergantian, mereka menaiki mobil damkar sambil melihat isi di dalamnya dan mendengarkan penjelasan singkat dari petugas.

Simulasi Pemadaman Api Kecil

                                                            Simulasi Pemadaman Api Kecil

Pukul 10.30 WIB rangkaian kegiatan outing telah selesai. Kegiatan outing kali ini diakhiri dengan penyerahan vandel dan foto bersama dengan petugas damkar. Setelah itu para siswa diminta untuk merapikan diri dan persiapan pulang menuju sekolah. Pukul 11.15 WIB siswa kelas II dan guru pendamping tiba di sekolah dan tidak lupa sesampainya di sekolah, para siswa diminta untuk menuliskan pengalaman yang mereka rasakan selama mengikuti kegiatan outing di Damkar. Para siswa juga mengerjakan LKPD yang berisikan mewarnai gambar petugas Damkar dan menyebutkan peralatan yang digunakan serta fungsinya. Alhamdulillah para siswa sangat senang dan menikmati pembelajaran outing kali ini. Semoga kegiatan outing kelas II ini bisa menginspirasi semua pelajar di Indonesia.

Penyerahan Vandel

Foto Bersama Siswa Putra 2A

                                                                Foto Bersama Siswa Putri 2A


 Foto Bersama Siswa Putri 2B

                                                             Foto Bersama Siswa Putra 2B


 Foto Bersama Siswa Putri 2C

 Foto Bersama Siswa Putra 2C

 Foto Bersama Siswa Putra 2D

 Foto Bersama Siswa Putri 2D



Tidak ada komentar:

Komentar