SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 16 Februari 2023

KEGIATAN OUTING KELAS 5 TEMA PERSATUAN DAN KESATUAN” DI POLRESTA PROBOLINGGO KOTA TAHUN PELAJARAN 2022-2023

 


SDIT Permata Kota Probolinggo melaksanakan Outing pada Selasa, 14 Februari 2023 di Polres Probolinggo Kota. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 109 dan 5 guru sebagai pendamping. 

Kegiatan dimulai pukul 07.00  11.00 diawali dengan sholat dhuha, membaca Al-Masurat, murojaah dan briefing kegiatan yang akan dilaksanakan dilokasi Polresta Probolinggo nantinya. Lalu dilanjutkan dengan baris perkelas untuk segera menaiki kendaraan polisi yang sudah disediakan oleh Polresta Probolinggo. Ada 3 kendaraan yang menjemput anak-anak kelas 5 berupa 1 bis polisi dan truk polisi. Tepat pukul 07.40 kami berangkat dan berkeliling kota terlebih dahulu sebelum ke kantor Polrta Probolinggo. Anak-anak kelas 5 sangat antusias naik kendaraan polisi karena menjadi pengalaman pertama bagi mereka.  

Sesampainya dilokasi siswa diarahkan menuju lapangan depan yang mana akan foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan. Kegiatan pertama anak-anak berkeliling ke semua bagian ruangan yang ada di Polres Probolinggo Kota. Anak-anak diberi tugas mencatat setiap informasi yang diberikan ketika berkeliling. Dengan berkeliling anak-anak kelas 5 bisa mengetahui informasi mulai dari bagian-bagian kepala satuan di kepolisian sampai fungsi pada setiap ruangan. Setelah berkeliling, Pak Eko dan Bu Henis yang merupakan bapak dan ibu polisi yang sedang bertugas memberikan penyuluhan kepada anak-anak kelas 5 mengarahkan mereka ke Aula Polres Probolinggo Kota untuk pemberian materi. Materi yang disampaikan yaitu tentang peraturan rambu lalu lintas, cara menggapai cita-cita dan persatuan dan kesatuan RI. Tidak hanya materi anak-anak kelas 5 diberi kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan Pak Eko dan Bu Henis. Lebih menariknya lagi anak-anak diberi apresiasi dengan pemberian hadiah dari Polres Probolinggo Kota yaitu beberapa helm dan jas hujan. Anak-anak sangat antusias dan berebut angkat tangan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberi. 

Waktu menunjukan pukul 10.38, anak-anak sudah harus kembali ke sekolah untuk melaksanakan ISHOMA dan tugas lanjutan yang harus dikerjakan. Anak-anak kembali ke sekolah dengan dijemput kembali oleh kendaraan polisi. Seperti keberangkatan anak-anak pulang dengan melewati rute yang sama untuk berkeliling kota. Sampai disekolah anak-anak istirahat sambil menunggu waktu sholat dhuhur tiba dan makan siang. Kemudian dilanjut dengan tugas laporan berupa menjawab pertanyaan tentang hasil kegiatan outing hari itu.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenal dan memahami persatuan dan kesatuan bangsa dalam upaya mempertahankan dan menjaga NKRI.











Tidak ada komentar:

Komentar