SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 10 April 2023

Pondok Ramadhan 1444H Kelas 4,5,6 SDIT Permata Kota Probolinggo

 Pondok Ramadhan yang dilaksanakanpada Kamis-Jumat, 6-7 April 2023 oleh SDIT Permata bertempat di Aula Permata dan dilanjutkan di Kampus 1 SDIT Permata yaitu di Jl. Ikan Tongkol. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 4,5,6 dan seluruh guru SDIT Permata.kegiatan Pondok Ramadhan ini dimulai pukul 07.30 hingga 06.00 keesokan harinya. Jadi kegiatan ini berlangsung selama dua hari satu malam. 

Pukul 07.30 WIB Check In peserta Pondok Ramadhan lalu dilanjut sholat dhuha berjama’ah dan Al Ma’tsurot pagi. Kemudian dilanjut dengan pembukaan oleh Kepala SDIT Permata yaitu Ustad Saidi, S.HI. Acara Pembukaan berlangsung lancar, dilanjutkan dengan Materi Pertama yaitu Tata Cara dan Adab Sholat Berjama’ah yang dipaparkan oleh Ustad Jabbar dan pada materi pertama ditutup dengan Games. Anak-anak sangat antusias dan senang pada materi dan games pertama ini. 

Pukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan materi kedua yaitu Dengan Berpuasa Romadhon membentuk Perilaku Akhlak Mulia yang disampaikan oleh Ustadzah Nurul. Seperti halnya pada materi pertama anal-anak masih antusias, materi kedua ini juga ditutup dengan games.setiap peserta yang bisa menjawab atau menang dalam games akan mendapatkan hadiah. Kemudian dilanjutkan dengan UMMI yang diampu oleh guru pengampu mengajinya masing-masing, lalu dilanjut dengan Sholat Dhuhur Berjama’ah. 

Setelah sholat dhuhur bersama di Aula Permata, selanjutnya siswa putri berkumpul untuk menuju lokasi Kampus 1 yaitu di Jl. Ikan Tongkol, pemisahan antara siswa putra dan putri berguna untuk memaksimalkan pemapaparan materi dan ibadah khusu’ bagi keduanya. Sesampaikannya di Kampus satu siswa putri beristirahat di ruangan yang sudah disediakan. Waktu istirahat selesai anak-anak berkumpul di selasar untuk menonton bersama sebuah kisah inspiratif sambil menunggu Ba’da Ashar. 

Ba’da Ashar tlah tiba, anak-anak bersiap-siap untuk sholat Ashar berjama’ah lalu dilanjutkan dengan membaca Al-Ma’tsurot. Setelah itu anak-anak bersih diri dan kemudian dilanjutkan dengan materi terakhir yaitu Berpuasalah, niscaya kamu sehat yang dipaparkan oleh Ustadzah Ade dan ditutup dengan Games. Materi telah dituntaskan, selanjutkan pembabgian takjil oleh beberapa siswa perwakilan di lingkungan sekitar sekolah. Alhamdulillah, pembagian takjil berjalan lancar dan ramai. Kemudia seluruh siswa bersiap untuk iftor. 

Beberapa waktu kemudian persiapan sholat magrib berjama’ah dan dilanjutkan dengan berbuka bersama yaitu makan. Anak-anak sangat lahab dalam menyantap makanan, terutama berbuka bersama teman-temannya. Seelah makan, anak-anak mencuci piringnya sendiri dan dilanjutkan dengan persiapan sholat isya’ dan taraweh. Semua berjalan lancar, lalu tadarus bersama guna menambah pahala di malam ramadhan. Sebagai penutup anak-anak menonton bersama sebuah kisah inspiratif lalu beristirahat diruangan masing-masing. 

Waktu menunjukkan pukul 02.30 WIB, saatnya anak-anak bangun untuksholat tahajjud dan persiapan sahur bersama. Setelah itu, persiapan sholat subuh berjama’ah dan diakhiri dengan bersihlingkungan dan bersih diri. Lalu sesi kepulangan. Acara berjalan dengan lancar dan Khidmat semoga menjadi keberkahan dan ladang pahala bagi yang menjalankan.






1 komentar:

a mengatakan...

Barakallah SDIT PERMATA....semoga senantiasa Istiqomah dlm mendidik anak2 bangsa ini

Komentar