SELAMAT DATANG DI "SD IT PERMATA PROBOLINGGO di Jalan IKAN TONGKOL Gang II/06 Mayangan - Probolinggo" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 28 Oktober 2015

Proses Belajar Mengajar Komputer (TIK)

Komputer merupakan salah satu teknologi pengajaran terpenting yang digunakan dalam pendidikan. Komputer memiliki berbagai peran penting yang dimainkan dalam kurikulum, mulai dari perangkat tutorial hingga belajar siswa. Guru bisa menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk mengumpulkan informasi tentang kinerja siswa dan mengelola aktivitas ruang kelas. Untuk membuat pilihan yang tersampaikan, anda harus terbiasa dengan berbagai aplikasi komputr- permainan, simulasi, tutorial, program penyelesaian masalah, dan perkakas produktivitas dan grafis.






Media Pembelajaran Berbasis Komputer
Informasi dan komunikasi berpengaruh terhadap perkembangan media pembelajaran, dengan dikembangkannya media pembelajaran yang berbasis komputer. Media komputer merupakan media yang menarik, atraktif, dan interaktif . Pembelajar melalui media komputer memberikan bekal kepada pembelajar berbagai karakter yang menjadi kekuatan dan kelemahan bagi media. Bagaimana suatu media itu bekerja mengemas informasi, apa makna informasi yang dapat diinterprestasi dari program atau kemasannya, sampai pada bagaimana orang yang mendapat pendidikan media itu berpeluang dapat memanfaatkan kelebihan media tersebut untuk mengemas pesan dan menyampaikan informasi. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan agar isi pesan dalam suatu program komputer dapat dipahami pembelajar, antar lain memberikan informasi tentang ide yang ada dibalik pragram atau menciptakan situasi diskusi menyangkut pengalaman setiap pembelajar yang diterima dari program komputer.
Dalam upaya mengemas pembelajar melalui media komputer perlu memperhatikan karakteristik pembelajar, lingkungan dan budaya setempat. Komputer akan bermanfaat jika berperan sebagai bagian dari sistem pembelajaran. Jika komputer hanya sebagai alat-alat saja meskipun canggih, namun tidak ada kontribusinya dalam pembelajaran, maka komputer tersebut tidak bermanfaat bagi proses pembelajaran. Komputer merupakan alat atau sarana yang membantu pengajar dalam proses pembelajaran, sehingga bukan diarahkan untuk menggeser perannya sebagai pengajar. Betapapun  canggihnya komputer, tidak akan dapat mengalihkan fungsi pengajar, karena pengajar merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran.
Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran sangat tepat untuk belajar mandiri dalam pendidikan jarak jauh. Pembelajar dapat belajar didalam lingkungan keluarga, karena komputer pada masa sekarang ini sudah menjadi bagian kebutuhan dari suatu keluarga. Keluarga dapat mendampingi dan membimbing pembelajar secara mandiri menggunakan komputer.


Komputer Sebagai Media Pembelajar.
Teknologi komputer merupakan kemajuan teknologi yang bertarap canggih, bahkan menjadi suatu karakteristik yang tidak bisa diabaikan dalam keseluruhan hidup modernisasi dan akselerasi saat ini dan masa depan. Penggunaan komoputer sebagai alat bantu dalam memproseskan dan pembuatan keputusan manajerial bukan lagi sebagai keharusan mendesak melaikan juga menjadi kebutuhan mutlak bagi semua orang.
Komputer merupakan media yang dapat membantu pembelajar belajar secar individual. Bentuk-bentuk pembelajaran dengan sistem pembelajaran individual seperti pembelajaran modul atau pun pembelajaran dengan bantuan komputer.

Perkembangan TIK  
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menjadi trend global dewasa ini misalnya, telah merambah seluruh aspek kehidupan termasuk didalamnya dunia pendidikan, baik sebagai media maupun sumber belajar. Teknologi ini memberikan alternatif-alternatif baru dalam pembelajaran baik sebagai media maupun sebagai pusat sumber belajar. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ).
Teknologi Informasi dan Komunikasi juga dapat mempermudah guru dalam kegiatan administratif, evaluasi maupun publikasi, apalagi dengan mulai dilengkapinya sarana dan prasarana seperti komputer dan jaringan internet di sekolah-sekolah maka Teknologi Informasi dan komunikasi merupakan salah satu teknologi yang harus dapat diadaptasi dan diadopsi oleh seorang guru berkaitan dengan tugasnya agar dapat menjalankan proses pembelajaran yan profesional, yaitu menjalankan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.
Adaptasi dan adopsi teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran tentu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain ; hardware, software dan brainware. Dari beberapa faktor yang mempengaruhi tersebut yang paling menentukan adalah faktorbrainware yaitu sumber daya manusia sebagai perancang, pengembang dan pengguna dari teknologi itu sendiri, apakah memiliki kompetensi yang memadahi dan memiliki sikap yang positif terhadap perkembangan teknologi yang ada, jika tidak maka kemajuan teknologi tidak akan memberikan manfaat yang luas baginya.
Adalah sangat penting untuk mengembangkan kemampuan kritis dalam menilai peranti lunak pengajaran karena terdapat banyak program yang tersedia. Peranti keraspun menjadi lebih mudah ditangani ketika anda mengerti teknologi dasar. Apakah anda mengajar dengan satu komputer di dalam ruang kelas atau dalam ruangan dengan banyak komputer, anda bisa memanfaatkan komputer secara optimal untuk mendukung pembelajaran siswa.
Komputer sejauh ini merupakan perangkat teknologi pengajaran paling umum dan paling penting yang digunakan dalam pendidikan. Para siswa bisa menggunakan komputer untuk pengalaman belajar yang aktif dan langsung dirasakan. Guru bisa menggunakan komputer untuk membantu mengumpulkan informasi  mengenai kemajuan siswa diruang kelas dan untuk menyiapkan material pengajaran. Entah itu anda memiliki satu atau beberapa komputer diruang kelas anda, anda bisa secara efektif memadukannya kedalam pembelajaran siswa. Banyak sekolah memiliki lab komputer tetapi kecenderuangannya adalah  menjadikan kereta laptop tersedia sehingga ruang kelas apa pun dapat diubah menjadi seperti sebuah lab. Teknologi seperti perangkat genggam juga berhasil digunakan oleh para siswa sebagai perangkat instruksional.




Tidak ada komentar:

Komentar